Bunda Ajarkan Aku Ibadah

Selasa, 08 Desember 2015

Bunda Ajarkan Aku Ibadah

Bunda Ajarkan Aku Ibadah




"Jadi, beberapa hari yang lalu saya mengikuti seminar tentang balita yang sudah bisa membaca Al-qur’an bahkan menghafalnya.

Seminar itu diisi oleh pembicara yang anak-anaknya adalah
hafidz dan hafidzah, yaitu Ust. Agus Sujatmiko. 
Dihadiri juga oleh hafidz kembar Ismail dan Ishaq yang sudah menjadi hafidz diusia 12 tahun, lalu ada
hafidz cilik yang mengikuti lomba hafidz Trans 7 Ramadhan lalu, dia adalah Hamidah yang berusia 5 tahun.

Menurut pembicara, jika kita ingin anak menjadi penghafal qur’an tidak perlu dipaksa. Karena paksaan itu hanya membuat anak tertekan dan tidak enjoy menjalaninya. Tumbuhkan rasa ingin mempelajari Al-qur’an dari anak dengan sendirinya tanpa kita suruh.

Bagaimana caranya?

Pertama, hiasi rumah kita dengan alunan dari bacaan ayat-ayat Al-qur’an baik melalui radio atau mp3. Dengan terus menerus diperdengarkan ayat Al-qur’an, maka anak akan terbiasa dan mulai mengikutinya. 
Lalu yang kedua, kondisikan keluarga kita dengan selalu membiasakan semua anggota keluarga untuk membaca Al-qur’an setelah shalat maghrib dan subuh. Karena anak adalah peniru terbaik, dia akan meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya. Maka, berilah contoh terbaik untuk ditiru oleh anak-anak kita.

Ceritakan tentang kisah-kisah dalam Al-qur’an yang berkaitan langsung dengan Si anak, misalnya, sebagai contoh adalah hafidz kembar Ismail dan Ishaq. Mereka tertarik pada Al-qur’an karena pada saat umminya membaca Al-qur’an mereka mendengar nama mereka disebut dalam Al-qur’an. dengan antusiasnya mereka ingin tau lebih jauh tentang nama-nama mereka yang ada di Al-qur’an.

Selain cara-cara di atas, orang tua juga bisa menanyakan langsung ke anak apakah anak mau menjadi seorang hafidz? Berikan saran dan jelaskan keutamaan-keutamaan mengapa mereka harus menjadi hafidz dan hafidzah. Utarakan maksud atau harapan kita kepada anak. 
Contohnya, orang tua bisa bilang, “Nak, Bunda ingin sekali kamu menjadi penghafal Al-qur’an. penghafal qur’an itu akan menjadi keluarganya Allah lho. Mau kan jadi keluarganya Allah?” Beberapa sinopsis dari peserta yg sudah mengikuti seminar dengan pembicara Ustdz. Agus Sudjatmiko

Mau tau lebih lanjut!

Yuuuk..

Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

Testimonial

  • maaf late respon. Tolong emailnya dikirim pak. makasih...

    PUSTAKA FAMILY
  • tolong dikirimkan Ebook '49 Cara dan Contoh Meningkatkan Omset' karena gak bisa di download, syukran...

    mulyadi
  • toko edukasi yang recomended buat para pendidik di bekasi dan sekitarnya, selamat berbelanja dan suk...

    www.puri-edukasi.com
Lihat Semua

Facebook

Twitter