6 Tips Parenting Dahsyat

Kamis, 15 Oktober 2015

6 Tips Parenting Dahsyat

6 Tips Parenting Dahsyat
img-1444899754.jpg

        Menjadi orang tua yang baik memang tidak mudah, untungnya semua pernak-pernik dalam mendidik dan membesarkan si buah hati dapat dipelajari. Informasi dan panduan seputar bagaimana menjadi ayah dan bunda yang baik bagi si kecil dapat dengan mudah di akses baik melalui buku-buku atau online melalui internet, plus tentu saja ayah bunda dapat meminta saran dan masukan dari mereka yang telah berpengalaman dalam mendidik dan membersarkan si keci

         Berikut adalah 6 tips parenting yang khusus diperuntukan bagi ayah bunda yang barusaja dikaruniai buah hati terutama mereka yang sedang beranjak menuju usia balita. Tips-tips sederhana tersebut dapat dijadikan bahan masukan agar skil parenting ayah bunda semakin terasah serta si kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

1. Tidak membanding-bandingkan

       Hindari membanding-bandingkan si kecil dalam hal apapun dengan yang lain. Saat yang lain sudah mulai berjalan tapi si kecil masih belajar merangkak, terima kondisi ini sebagai hal yang harus selalu disyukuri. Ingat setiap anak adalah pribadi unik sehingga menjadi tidak adil saat di banding-bandingkan dengan yang lain.

2. Terima kesalahan si kecil 

     Orang dewasa saja masih sering melakukan kesalahan, apa lagi anak balita yang masih dalam tahap perkembangan. Jangan alergi saat si kecil melakukan sesuatu yang bertentangan dengan aturan ayah bunda. Semisal saat mereka suka memukul, alih-alih memarahi dan menghukum si kecil, cari tau apa yang memicu mereka berbuat demikian kemudian cari solusinya tepatnya agar mereka menghentikan kebiasaan buruknya.

3. Konsisten dengan aturan

         Si kecil yang beranjak balita masih belajar memahami aturan yang berlaku dimasyarakat, sehingga konsistensi ayah bunda dalam hal menerapkan aturan menjadi sangat penting. Umpamanya dalam hal konsistensi waktu tidur, atau saat ayah bunda ingin menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik pada si buah hati, lakukan secara konsisten agar karakter mereka dapat terbentuk sebagaimana yang diharapkan.

4. Toleran dengan kesalahan si kecil

             Sikapi prilaku buah hati dengan bijak, saat mereka berbuat salah, belum tentu mereka merniat demikian. Mental dan emosi mereka sedang dalam masa perkembangan sehingga berbuat tidak sesuai aturan orang dewasa adalah hal biasa. Adalah tugas ayah bunda untuk membimbing dan meluruskan dengan cara yang bijak saat mereka melakukan kesalahan.

5. Percaya diri

          Menjadi orang tua terbaik adalah potensi yang dimiliki oleh setiap ayah bunda, namun sebagaimana keahlian lainya, perlu waktu dan kemauan untuk belajar. Memiliki rasa percaya diri bahwa kita bisa menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kita adalah modal berharga yang selalu harus ditanamkan pada setiap diri kita.

6. Evaluasi kualitas sebagai orang tua secara berkala

           Kalau perlu buat catatan terlulis untuk mengevaluasi hal apa saja yang perlu kita sempurnakan dalam menjalankan tugas sebagai orang tua. Jangan sungkan untuk menerima masukan dari luar dan selalu mau memperbaiki pola didik terhadap si kecil jika dirasa ada hal yang masih belum sempurna.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

Testimonial

  • toko edukasi yang recomended buat para pendidik di bekasi dan sekitarnya, selamat berbelanja dan suk...

    www.puri-edukasi.com
  • tolong dikirimkan Ebook '49 Cara dan Contoh Meningkatkan Omset' karena gak bisa di download, syukran...

    mulyadi
  • maaf late respon. Tolong emailnya dikirim pak. makasih...

    PUSTAKA FAMILY
Lihat Semua

Facebook

Twitter